Powered By Blogger

Kampusku tercinta, PKJ 2

Akhirnyaaaa..... setelah sekian lama ini blog gak keurus, baru sekarang bisa di buka gara-gara lupa password. Sangking lamanya sampe banyak sarang laba-labanya *o*. Terakhir kali di buka itu pas kelas XI. Waktu pelajaran TIK di suruh bikin blog. Udah lama banget emang. Dan baru sekarang ada keinginan buat ngisi ini blog.

Oia, gue mau cerita kalo sekarang gue udah kuliah semester 2 di POLTEKKES KEMENKES JAKARTA 2. Ini sengaja gue caps lock, biar orang tau kalo di jaksel ada kampus itu. Maklum aja itu kampus emang kurang terkenal. Hanya orang-orang tertentu aja yang tau. Tapi walaupun kurang terkenal, lulusan pkj2 ini sudah diakui keahliannya oleh perusahaan-perusahaan dan rumah sakit. Terbukti, setelah lulus gak butuh waktu lama untuk para alumni untuk dapetin pekerjaan. Ini dikarenakan lulusan pkj2 ini memang disiapkan untuk siap kerja. Soalnya banyak prakteknya gitu dehh~

logo poltekkes kemenkes jakarta2
Poltekkes jakarta 2 ini masih dibawah naungan Kementerian Kesehatan. Politeknik ini punya 7 jurusan. Ada Teknik Elektromedik (TEM), Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (TRO), Teknik Gigi (TG), Kesehatan Lingkungan (KESLING), Gizi, Farmasi, dan Analisa Farmasi dan Makanan (ANAFARMA).  7 jurusan ini di bagi jadi 3 kampus. Kampus A ada di Hang Jebat Kebayoran Jaksel. Yang ada di sini itu TEM, TRO, KESLING, TG, dan Gizi. Kampus B ada di jl. Percetakan Negara, di sini lokasi jurusan farmasi. Dan ada juga kampus C di jalan raguanan pasar minggu, disini lokasi jurusan anafarma.

Di pkj2, gue ngambil jurusan Analisa Farmasi dan Makanan. Apaan lagi tuh? Sama kaya farmasi kah? Lulusannya kerja apa? Itu pertanyaan yang biasa dilontarkan orang-orang yang masih asing mendengar jurusan itu. Wajar aja sih kalo emang mereka gak tau. Jurusan ini yang negeri sih katanya cuma ada 2 di indonesia (ini yang bikin gue bangga masuk jurusan ini). Anafarma tuh beda sama farmasi. Anafarma lebih ke menganalisis kandungan apa aja sih yang ada di dalam obat dan makanan itu. Pernah nonton reportase investigasi ditrans tv kan? Nahh kaya gitu nanti pekerjaan gue. Kalo farmasi kan lebih cenderung ke dalam pembuatan obat dan bikin sediaannya. Udah keliatan kan perbedaannya? :)

Ada juga yang bilang gini ‘itu kan jurusannya langka. Pasti lapangan pekerjaannya juga jarang..’ . hei hei heiiii...jangan salah.. hidup kita ini pasti gak pernah lepas dari makanan dan minuman kan? pasti kita pernah sakit dan butuh obat kan? jadi selama di bumi masih banyak bahan makanan yang berlimpah, insyaallah tenaga analis pasti dibutuhkan. bayangkan kalo gak ada analis, makanan dan obat yang kalian konsumsi bisa bisa mengandung bahan yang tidak baik untuk tubuh dan bikin sakit. Lulusan anafarma ini bisa kerja di BPOM, BNN, industri makanan minuman, dan industri obat.


Jadi buat yang masih bingung kalo lulus nanti mau masuk kampus mana, POLTEKKES KEMENKES JAKARTA 2 ini bisa di jadikan referensi loh. Dan jangan pernah ragu buat masuk sini yaa :)

26 komentar:

  1. Kalo kuliah jurusan anafarma sambil kerja bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut aku sih ga bisa.. soalnya kuliahnya full banget .. kecuali kalo kerjanya malem mungkin masih bisa

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. kak kalau ambil jurusan ini bisa lanjut s1 gak ya? trs kl bisa jurusannya apa aja yaa?makasih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok. Bisa teknik kimia, farmasi, atau teknologi pangan.

      Hapus
    2. Bisa kok. Bisa teknik kimia, farmasi, atau teknologi pangan.

      Hapus
    3. Kak kalo udah lulus anafarma bisa masuk s1 farmasi? Berarti bisa masuk profesi apoteker dong ya??

      Hapus
    4. Iya bisa masuk s1 farmasi. Baru abis itu ambil profesi apotekker

      Hapus
  3. Kaaa bisa jelasin lebih detailnya anafarma di semester 1, dst itu gimana ka?? Boleh minta id line ga ka?

    BalasHapus
  4. kak apa ada beasiswa untuk masuk ke POLTEKKES KEMENKES JAKARTA 2..??

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kalo boleh tau masuk poltekkes ini tes apa aja ya ?

    BalasHapus
  7. Ka aku mau nanya, berati kampus anafarma bukan di hang jebatnya ya ka? Trus ka setelah lolos seleksi administrasi masih ada tahap apa lg ya ka? Alhamdulillah aku kmrn lolos admin,dan udah kirim berkas juga. Kalo dari bekasi, kira2 tanpa kost bisa ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan di hang jebat. Tapi di pasar minggu.. Kalo rumah kamu deket stasiun bisa aja sih tanpa ngekost. Temenku dulu ada dari bekasi dan dia pp :)

      Hapus
  8. Kak kalau lukusan anafarma kerja di RS biasanya dibagian apa?

    BalasHapus
  9. Kak kalau lukusan anafarma kerja di RS biasanya dibagian apa?

    BalasHapus
  10. Kak kalau lukusan anafarma kerja di RS biasanya dibagian apa?

    BalasHapus
  11. disana ada jalur beasiswa nya ga sihh?

    BalasHapus
  12. Ka, mau tanya-tanya lebih mengenai Poltekkes Jakarta 2

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    ka di poltekkes 2 jakarta ada beasiswa ga?

    BalasHapus
  14. ka, di poltekkes 2 ada beasiswa ga ka?

    BalasHapus
  15. Saya lulusan SMK kesehatan Banten jurusan farmasi bisa ga masuk.poltekes JKT 2...trs letak kampus Dinna?

    BalasHapus
  16. Kak, maaf mau bertanya.. perbedaannya jurusan anafarma sama jurusan gizi apa ya kak? Terima kasih..

    BalasHapus
  17. Kak, berarti kl anafarma ini pekerjaan nantinya lebih ke 'menganalisis'obat2an ya? Terus ada mempelajari gizi juga kah kak?

    BalasHapus
  18. Kak , boleh minta wa nya nggak? Mau tanya tanya

    BalasHapus